28 January 2015

  |  No comments  |  

Usaha Kue Donat : Manis Rasanya Manis Keuntungannya


Siapa sih yang gak kenal kue donat? Dari anak kecil sampai dewasa bahkan yang sudah tua pun banyak yang suka kue donat. Rasanya yang manis sangat memanjakan lidah kita. Bukan hanya manis di lidah saja, kue donat mempunyai prospek dan keuntungan yang lebih manis jika kita ingin menjadikannya sebagai lahan bisnis. Usaha kue donat tidak membutuhkan modal yang besar, bahkan bisa dibilang termasuk peluang usaha dengan modal dibawah satu juta rupiah. Ya, dengan modal dibawah satu juta rupiah anda sudah bisa memulai usaha kue donat ini.

Usaha kue donat
Jika kita cermati, banyak varian yang bisa kita buat dari kue donat ini. Dari segi bentuk ada donat original dimana bentuknya seperti lingkaran dengan lobang ditengahnya atau bisa juga berbentuk bulat sepeti bola. Dari segi rasa dan topping tentu lebih banyak lagi varian yang bisa kita buat, donat messes, donat keju, rasa coklat, rasa strawberry dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak bentuk dan rasa tentu yang menjadi pertimbangan kita adalah siapa target pasar kita, kemana donat ini akan kita pasarkan?. Donat yang kita titipkan di kantin-kantin sekolah SD tentu akan berbeda dengan donat yang ingin kita titipka di mall atau supermarket.




Nah, mungkin anda bertanya, berapa keuntungan usaha kue donat? Keuntungan yang kita dapat dari bisnis donat ini tergantung ke segmen manakah kue donat ini akan anda pasarkan. Karena tiap segmen akan mempunyai harga jual dan tingkat keuntungan yang berbeda. Kue donat yang di jual di kantin sekolah dasar tentu harganya berbeda dengan kue donat yang dijual di mall. Bandingkan saja, kue donat yang di jual di warung dekat rumah biasanya di jual dengan harga antara 1000-2000 rupiah sedangkan kue donat yang dijual di mall rerata di kasih harga Rp. 10.000 per donat. Padahal bahan dan cara mengolahnya hampir sama. Secara hitungan kasar untuk satu buah kue donat anda bisa mengambil keuntungan minimal 25%. Anda bisa mendapatkan keuntungan berkali lipat jika mampu menjual kue donat ke tempat yang lebih bergengsi seperti di mall atau membuat tampilan kue donat menjadi lebih menarik dengan memberikan kemasan eksklusif.

Berikut Analisa usaha kue donat  dengan modal harian Rp. 100.000 :
  • Asumsi harga pokok kue donat Rp. 700/biji
  • Harga jual kue donat Rp. 1.000/biji
  • Keuntungan Rp 300/biji
  • Asumsi Produksi   100 biji/hari
  • Keuntungan  Rp. 300 x 100 = Rp. 30.000 /hari atau Rp. 900.000/bulan

0 comments:

Post a Comment