09 January 2015

,   |  

Memulai Usaha Kue Donat


Pada artikel ini saya akan memberikan sedikit uraian tentang langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk membuka dan memulai usaha kue donat. Yang akan saya sampaikan disini sangat sederhana sekali sesuai pengalaman saya beberapa tahun yang lalu, jika anda mampu menguasai yang sederhana dan basic ini maka anda tidak akan kesulitan untuk memulai usaha donat pada level yang lebih tinggi lagi, perbedaannya hanya pada faktor resiko.

Oke, gak perlu berlama-lama pembukaannya. Jika anda serius ingin membuka usaha donat maka yang perlu anda siapakan adalah sebagai berikut :

Menentukan target pasar


Sebelum melangkah lebih jauh sebaiknya dari awal anda tentukan dulu target pasar yang akan anda tuju karena akan mempengaruhi banyak hal sepeti modal yang anda butuhkan, resep kue donat, cara pemasarannya dan lain-lain. Donat yang dijual di kantin sekolah tentunya beda dengan donat yang dijual di toko roti atau bahkan di mall. Kalau target pasarnya anak-anak SD maka yang diprioritaskan adalah harganya yang murah, beda dengan donat yang dijual di toko roti atau mall dimana yang diprioritaskan adalah rasa dan kualitas dan penampilannya. Jadi boleh dibilang anda mau membuat donat yang ekonomis atau donat yang eksekutif, silakan tentukan pilihan anda sebelum masuk ke langkah berikutnya.

Resep Kue Donat dan variasinya


Nah, jika anda sudah menetukan konsumen donat produksi anda selanjutnya buat resep yang cocok untuk target pasar anda. Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa resep donat dengan target pasar anak-anak SD akan beda dengan resep donat dengan target pasar warung di kampung dan konsumen menengah keatas. Tapi perlu diingat bahwa siapapun target pasar anda sebaiknya rasa kue donat tetap harus dijaga, jadi harga murah tapi bukan murahan. Anda juga bisa mengkhususkan pada jenis donat tertentu atau juga bisa membuat variasi topping donat yang bermacam-macam supaya konsumen bebas memilih sesuai selera mereka.

Strategi Pemasaran Kue Donat


Setelah anda tahu siapa target pasarnya dan anda sudah punya resep donat yang pas selanjutnya pikirkan strategi pemasaran kue donat supaya bisnis kue donat yang anda jalankan mampu bertahan dan berkembang. Yang perlu anda ingat adalah persaingan usaha kue donat ini cukup tinggi, lihat saja di kantin-kantin sekolah … pasti sudah ada kue donat yang dijual disana, demikian juga di warung-warung disekitar rumah anda. Memang persaingan cukup tinggi namun bukan berarti tidak ada kesempatan dan peluang.

Nah, untuk mensiasatinya anda bisa melakukan ATM (amati, tiru, modifikasi). Jadi coba amati produk donat saingan anda, perhatikan apa yang jadi kelebihan dan kekurangannya, selanjutnya tiru kelebihannya dan modifikasi supaya produk donat anda punya nilai lebih dibanding dengan donat yang lainnya.