23 January 2015

  |  

Rahasia Supaya Anda Memiliki Bisnis Yang Menguntungkan

Bisakah anda menyebutkan beberapa bisnis yang menguntungkan yang ada disekitar anda? Lalu bisakah anda menyebutkan beberapa bisnis yang kurang atau tidak menguntungkan yang ada disekitar anda? Mana yang lebih banyak?

Berbicara soal bisnis tentunya yang menjadi target utama adalah bagaimana bisnis yang kita jalankan mampu memberikan keuntungan buat kita, semakin besar semakin baik. Saya yakin setiap bisnis pasti memberikan keuntungan, hanya saja besar kecilnya keuntungan tidak akan sama antara bisnis satu dengan yang lainnya. Kalaupun ada bisnis yang kurang atau bahkan tidak menguntungkan sama sekali sebenarnya bukan jenis bisnisnya yang tidak menguntungkan tapi management atau cara pengelolaan bisnis tersebut yang kurang baik sehingga bisnisnya tidak berjalan seperti yang diinginkan.

Sebagai contoh, coba perhatikan bisnis penjualan pulsa. Saat ini banyak penjual pulsa khususnya yang retail dimana bisnisnya makin sepi bahkan sudah banyak yang gulung tikar, lalu apakah bisnis penjualan pulsa tidak menguntungkan? Bisnis penjualan pulsa tetap menguntungkan jika dikelola dengan baik, ada teman saya yang dua tahun lalu mendirikan bisnis penjualan pulsa (server) yang dikelola dan dijalankan dengan system MLM. Saat ini omzet perbulannya lebih dari 1 milyar. Ini sebagai bukti bahwa sebuah bisnis tetap akan memberikan keuntungan jika dikelola dengan baik.

Lalu bagaimana caranya supaya sebuah bisnis mampu memberikan keuntungan yang maksimal? Ada beberapa step yang harus kita lakukan supaya bisnis yang kita jalankan termasuk bisnis yang menguntungkan.

Jalankan bisnis yang sesuai dengan passion anda

Mengapa harus sesuai dengan passion? Sebenarnya tidak harus, hanya saja ketika bisnis yang dijalankan sesuai dengan passion maka kita akan lebih enjoy dan menimati setiap prosesnya, akan lebih mudah mencari solusi ketika ada suatu permasalahan. Sebaliknya, kita akan lebih mudah bosan, malas, dan menyerah jika bisnis yang dijalankan tidak sesuai dengan passion kita. Tapi ada juga yang sukses meski bisnisnya tidak sesuai passion, tergantung pelaku bisnisnya juga.

Cari tempat yang strategis

Umumnya sebuah bisnis akan lebih sukses jika memiliki tempat yang strategis, karena mudah dilihat, dijangkau dan dikenal orang.

Buat diferensiasi

Apa sih diferensiasi itu? Maksudnya adalah bisnis anda harus mempunyai ciri khas tersendiri. Memiliki keunikan supaya mudah dihafal dan dikenal pelanggan. Misalnya anda jual bakso dengan ukuran yang lebih besar dari yang biasanya, atau menyajikan mie ayam diatas piring hot plate. Anda bisa juga mendekorasi bisnis dan perlengkan anda dengan warna orange sebagai warna dominan, yang penting orang jadi mudah teringat akan bisnis anda.

Rencanakan strategi pemasaran dengan matang

Strategi pemasaran adalah kunci utama kesuksesan bisnis anda, karena dengan strategi yang tepat bisnis anda akan berkembang lebih cepat dari yang biasanya. Buat program tertentu atau promo yang menarik untuk mendatangkan pelanggan, makin banyak pelanggan makin banyak keuntungan yang anda dapatkan. Anda bisa mencari beberapa tips pemasaran di internet untuk menyesuaikan dengan bisnis yang anda jalankan.

Managemen keuangan yang baik

Terakhir dan tak kalah penting adalah management keuangan. Banyak sekali bisnis yang sebenarnya menguntungkan tetapi terpaksa gulung tikar karena management keuangan yang buruk. Dari awal anda harus sudah mempersiapkan management keuangan yang baik seperti memisah uang bisnis dengan uang pribadi, membuat laporan dan neraca keuangan secara rutin untuk mengetahui dengan tepat berapa keuntungan dan bagaimana perkembangan bisnis yang anda jalankan.


Beberapa step diatas sebenarnya masih sangat sederhana dan basic sekali, anda bisa mengembangkannya sesuai kekreatifitasan anda supaya bisnis yang anda jalankan bukan hanya bisnis yang menguntungkan tapi juga termasuk bisnis yang berkembang.